Sunday, January 27, 2013

Tips Cara Membeli Mobil Baru




Banyak mobil yang dijual dengan berbagai merek oleh berbagai dealer mobil. Mempunyai mobil baru merupakan salah satu kebutuhan tiap orang. Kebutuhan pribadi atau juga kebutuhan bisnis. Meski- pun tampak menyenangkan, membeli mobil baru di sebuah dealer mobil ternyata bisa menjadi sesuatu yang cukup menegangkan.

Mengapa demikian? Karena mobil yang hendak anda beli boleh jadi merupakan aset termahal yang akan pernah dimiliki dan dibeli. Membeli mobil baru perlu sebuah perencanaan yang matang dan perhitungan yang cermat.

6 Tips Membeli Mobil Baru
Sebagian orang kadang enggan berlama-lama memilih mobil sehingga memutuskan membeli mobil dengan terburu-buru tanpa pertimbangan yang berarti. Tidak mencari informasi produk lebih lengkap tentang mobil yang akan di beli bahkan tidak ada dorongan untuk melakukan proses tawar-mena- war. Alhasil, kemungkinan mereka langsung membeli mobil yang ditawarkan oleh sales.
Untuk mengantisipasi terjadinya kecerobohan, ada beberapa tips membeli mobil baru, tips ini tentu saja bertujuan supaya proses jual beli berjalan lancar dan anda akan mendapatkan sebuah pena- waran terbaik sehingga tidak memiliki perasaan menyesal sesudah bertransaksi.

1. Berbagai informasi seputar produk yang akan di beli
Cari segala informasi tentang produk yang akan dibeli, garansi yang dijanjikan, harga spare-part mobil dan lainnya. Ada beberapa spare-part mobil yang cukup mahal untuk beberapa tipe mobil. Lebih bijak jika anda merencanakan membeli mobil tipe tertentu, bila perlu anda dapat meminta saran kepada kenalan anda yang memakai mobil tersebut.
Berapa pengeluaran per 6 bulan untuk pemeliharaan dan pembelian suku cadang mobil tersebut. Bagaimana pemakaian bahan bakar pada mobil tersebut apakah wajar atau tidak. Bagaimana harga jual kembali mobil tersebut. Untuk kete- rangan terakhir, mengenai harga jual mobil terkesan ganjil karena bila anda berencana membeli mobil tidak mungkin anda akan berharap beberapa bulan ke depan untuk dijual kembali mobil tersebut.
Tetapi harga jual mobil merupakan sebuah indikator tentang mobil tersebut. Bila harga jual mobil tersebut jatuh atau lebih rendah dari pasaran, umumnya mobil tersebut tidak terlalu diminati di pasaran.

2. Ramah dan Tegas
Sebelum berangkat ke dealer yang hendak anda tuju, anda harus antisipasi, menyiapkan diri lebih awal supaya tidak terintimidasi oleh para sales untuk melakukan pembelian. Karena sudah kewa- jiban tiap sales atau tenaga penjual bersikap ramah kepada tiap pelanggan. Tetapi, ada hal penting yang harus diingat, jangan pernah merasa berutang budi pada keramahan dan kebaikan mereka bila penawaran tidak sesuai dengan harapan anda atau harga yang ditawarkan dirasakan tidak wajar.

3. Perencanaan Anggaran
Salah satu tips untuk mendapatkan penawaran yang baik, harga yang lebih wajar adalah mendis- kusikan anggaran. Bila anda berencana membeli mobil seharga 100 juta, sedangkan harga yang ditawarkan pertama kali oleh dealer tersebut seharga 100 juta, ada kemungkinan harga mobil tersebut bisa ditawar.
Jangan pernah terpaku dengan sebuah price list atau daftar harga, diskon besar, lebih bijak anda harus mengetahui terlebih dahulu harga nett mobil tersebut dipasaran. Anda dapat mencari harga nett tersebut dari iklan koran, internet atau juga dari kenalan anda yang baru-baru ini membeli mobil tersebut. Sebagai info tambahan, harga mobil umumnya tiap beberapa bulan akan naik (mengikuti inflasi) atau turun ( bila mobil tersebut tidak laku).

4. Penawaran Khusus
Beberapa dealer memberikan penawaran khusus dan penawaran yang ditawarkan bermacam- macam antara lain : paket pembiayaan, garansi produk, bonus accecories dan sebagainya. Jangan lupa untuk menanyakan diskon khusus promo berlangsung dan bonus hadiah-hadiah yang dijan- jikan, supaya tidak ada kesalahpahaman yang terjadi, minta di tuliskan di SPK (surat pemesanan kendaraan) saat anda bertransaksi. Tugas berikutnya adalah memilih salah satu skema pem- biayaan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Menawar
Sebagian dealer memang memasang daftar harga tertentu, tetapi belum tentu harga tersebut nett atau fix. Tidak tabu untuk mengajukan penawaran, boleh jadi anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah. Menawar harga tentu saja bukan yang mudah, memerlukan sebuah strategi pena- waran yang jitu. Anda perlu sebuah persiapan yang matang, perlu mengetahui terlebih dahulu harga penawaran terendah di pasaran.

6. Mendatangi Beberapa Dealer
Dikatakan memerlukan sebuah strategi penawaran yang jitu dan usaha yang ekstra, untuk me- ngetahui harga penawaran terendah, jika dirasakan perlu, dapat mendatangi beberapa dealer untuk melakukan survei harga. Ketika anda mendatangi dealer, bukan berarti ada kewajiban untuk mem- beli di dealer tersebut.
Itulah 6 tips membeli mobil baru yang dapat anda praktikkan ketika hendak membeli mobil. Semoga bermanfaat!