Monday, April 25, 2011

Hati sebagai pusat Tubuh

PENDAHULUAN
Perkataan Nabi selama empat belas abad, rupanya masih menarik untuk kita kaji, apalagi perkataan yang berumur empat belas abad ini kita komparasikan dengan pengetahuan ilmiah yang berkembang pada saat kini.
Tidak hanya al-Qur’an saja yang menyentuh pembahasan kajian ilmu pengetahuan, tetapi hadis. Ini membuktikan, bahwa apa yang keluar dari perkataan Muhammad, bukan hawa nafsu semata, melainkan wahyu. Seorang yang tidak pernah menyandang titel ilmuwan, tetapi tahu apa yang berada dalam tubuh, hubungan organ tubuh, fungsi hati, dll, maka dua tema hadis akan dibahas di bawah ini yaitu hati sebagai pusat tubuh dan interelasi organ tubuh

PEMBAHASAN

  1. Hadits Tentang Hati Sebagai Pusat Tubuh
  1. Teks hadits1
50_ حدثنا أبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَاءُ عَنْ عَامِرٍ قال سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيْرٍ يقول سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول الحَلالُ بَيِّنٌ وَالحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشَبَّهَاتٌ لايَعْلَمُهَا كَثِيْرٌ مِن النَّاسِ فَمَنْ اتَّقَى المُشَبَهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِى الشُّبُهَاتِ كَرَاعٍ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يُوَاقِعَهُ ألاَ وَإنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى ألاَ إنَّ حِمَى الله فِى أرْضِهِ مَحَارِمُهُ ألاَ وَإنَّ الجَسَدِ مُضْغَة إذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وَإذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ ألا وَهِىَ القَلْبُ.
Artinya :
Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami, Zakariyya telah menceritakan kepada kami, dari Amir berkata saya mendengar An-Nu’man bin Basyir mengatakan: saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: perkara yang halal itu sudah jelas dan perkara yang haram juga sudah jelas. Sedangkan diantara keduannya adalah syubhat (samar) yang tidak diketahui oleh banyak orang. Barangsiapa menjaga dari perkara yang syubhat, maka ia telah membersihkan agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa masuk ke dalam hal-hal syubhat, maka ia bagaikan seorang gembala yang mengembalakan ternaknya di sekitar daerah terlarang yang dikhawatirkan ia akan menginjaknya. Ingatlah, bahwa setiap penguasa mempunyai batasan-batasan tertentu dan sesungguhnya batasan-batasan allah adalah larangan-larangan-Nya. Ingatlah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal darah, yang apabila ia baik makla baiklah seluruh tubuh dan apabila ia buruk maka buruklah seluruh tubuh. Ketauhilah ia adalah hati.
  1. Takhrij al Hadits
Teks hadits di atas, pemakalah temukan dalam software Al Mausuah tepatnya dalam kitab الإيمان, nomor 50, yang bersumber dari shahih al Bukhari. Selain dalam kitab tersebut, penulis juga menemukan hadits yang mempunyai kandungan sama yang ditemukan dalam kitab-kitab hadits lainnya, yaitu:2
Hadits di atas jalan periwayatannya dikeluarkan oleh :
No.
Sumber
Nama Kitab
No. Hadits
1.
مسلم
المساقاة
2996
2.
الترمذي
البيوع عن رسوالله
1146
3.
النسائي
البيوع
4377
4.
النسائي
الأشربة
5614
5.
أبو داود
البيوع
2892
6.
ابن ماجه
الفتن
3974
7.
أحمد
الفتن
17624
8.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17645
9.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17649
10.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17686
11.
الدارمي
البيوع
2419
  1. Tahqiq al Hadits
Kualitas hadits di atas adalah حديث شريف مرفوع للنبي صلى الله عليه وسلم.3 Jadi kualitasnya shahih karena sanadnya bersambung.
  1. Mufradat
مُشَبَّهَاتٌ = Syubhat maksudnya adalah hal yang samar yang tidak diketahui oleh banyak orang.
اسْتَبْرَأَ = Membersihkan diri.
يُوَاقِعَهُ = Memasuki daerah terlarang.
مُضْغَة = Sekerat daging.
الجَسَد = Tubuh
القَلْبُ = Hati, maksudnya adalah hati fisik. Yaitu organ yang ada didalam tubuh.


  1. Asbabul Wuru
Tidak ditemukan.
  1. Ulasan Hadits
Hadits di atas memuat secercah kemukjizatan ilmiah, karena penyakit apa pun apabila telah menyerang hati, maka ia akan merusaknya dan akhirnya akan merusak seluruh tubuh. Sudah menjadi pengetahuan umum saat ini, bahwa jika hati sehat, maka sirkulasi darah akan baik dan setiap sel hidup di dalam tubuh pun akan mendapatkan bagian darah yang membawa zat-zat makanan dan oksigen. Dengan oksigen ini, pembakaran zat-zat makanan menjadi sempurna dan menghasilkan energy dan kekuatan. Sebaliknya, ketika hati menderita suatu penyakit atau bahkan rusak, maka sirkulasi darah juga mengalami kemacetan, bahkan berhenti sama sekali, sehingga proses distribusi zat-zat makanan dan oksigen ke seluruh bagian tubuh akan mengalami gangguan, bahkan tidak berjalan sama sekali.
Namun di sini ada persepsi lain di dalam teks-teks al Qur’an, hadits Rasulullah SAW, dan pemahaman banyak orang, yang memahami hati bukan sebagai daging yang merupakan organ yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi, lebih sebagai sesuatu yang berkaitan dengan perasaaan, nalar, pemikiran, pemahaman, keyakinan, pilar-pilar akhlak, dan rambu-rambu perilaku.
Hal tersebut tentu saja bukan kapasitas “hati organik”, meskipun konon hati organic ini ada kaitannya dengan masalah-masalah mental ini dengan bentuk keterkaitan yang belum dapat diketahui orang banyak. Menurut imam Al Ghazali, bahwa eksistensi maknawi atau perasaan ketuhanan memiliki kaitan dengan hati organic dengan model keterkaitan yang tidak diketahui pasti isinya. Al Ghazali bahkan berpendapat bahwa hati maknawi inilah yang merupakan hakikat manusia. Sebab ia menjadi bagian dari manusia yang mengetahui, memahami dan menalar, juga yang di khithabi (diberi tanggung jawab), disiksa, ditegur, dicerca, dan diminta pertanggungjawaban. Hati maknawi terkait dengan ruh, namun pada hakikatnya tetap merupakan rahasia yang terkunci rapat.4
Maka dari sini sudah kelihatan, bahwa hati merupakan pilar kehidupan tubuh. Baik itu hati sebagai organ fisik maupun hati sebagai organ maknawi. Sehingga jika ia baik dan sehat maka sehat dan baiklah semua tubuhnya, dan sebalimnya jika ia bobrok dan rusak, maka akan bobrok dan rusaklah seluruh tubuhnya.

  1. Pembuktian Sains

Hati adalah organ dalam terbesar manusia. Hati terletak di pusat tubuh, tepatnya di bagian atas abdomen (perut) tepat di bawah diafragma (bagian tipis yang memisahkan rongga tubuh atas dan rongga tubuh bawah). Berat hati sekitar 1.5 kg dengan tebal 15 cm. Hati terdiri dari dua lobus, yaitu kiri dan kanan. Lobus kanan terbagi menjadi dua bagian, quadrate dan caudate. Masing-masing lobus mengandung ribuan unit lobules, yaitu bangunan berbentuk segiena berdiameter 1 mm. pada tiap-tiap lobules terdapat berbagai pembuluh dan kelenjar yang menunjang fungsi hati.
Di sini hati mendapatkan suplai darah dari dua sumber, diantaranya: 1). Dari pembuluh arteri yang menyuplai 25 persen darah ke hati yang berasal dari jantung yang kaya akan oksigen. 2). Dari pembuluh vena, hati juga menerima 75 persen suplai darah. Dari pembuluh ini, hati memperoleh darah yang berisi nutrisi dan saluran cerna. Nutrisi yang dikirim ke hati siap untuk digunakan atau disimpan. Dalam satu menit, hati menerima 1.4 liter darah.
Hati bertanggung jawab atas penyediaan energy bagi tubuh. Hati menyimpan cadangan energy dalam bentuk glikogen. Hati juga menyerap glukosa darah jika kadarnya tinggi, lalu merubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya. Jika darah kekurangan glukosa, maka hati merubah glikogen menjadi glukosa lagi dan mengirimnya ke darah. Selain itu, hati juga membantu mencerna lemak, menyimpan cadangan vitamin A,D,E, dan K, juga vitamin B dan B12. Hati juga berfungsi sebagai pabrik kimia tubuh. Berbagai protein penting bagi tubuh diproduksi di sini, seperti albumin untuk mengikat kalsium, globin pembentuk hemoglobin, globin sebagai antibody dan sebagainya. Hati juga berperan dalam membersihkan racun-racun dalam darah. Termsuk obat-obatan dan alcohol.5
Di bawah ini adalah gambar hati yang ada di dalam tubuh manusia:

Di atas adalah gambar permukaan dan dasar dari hati.6

Gambar penempatan hati di dalam tubuh manusia.7

Jadi hati sangat penting bagi kehidupan kita. Kalau hati kita sehat maka sehatlah tubuh kita, tapi apabila hati kita tidak sehat dalam artian terkena penyakit yang menyebabkan hati kita tidak menjalankan fungsinya maka tubuh kita akan terganggu atau tidak sehat.

  1. Hadis Tentang Interelasi Organ Tubuh
  1. Teks Hadis
حَدَّثَنَا اَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ عَنْ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تري المؤ منون في تراحمهم و توادهم و تعا طفهم كمثل الجسد اذاشتكي عضو تداعي له سا ئرجسده با لسهر و الحمي
Artinya :
Dari Abu Nuaim telah menceritakan kepada kami dari Zakaria dari Amir berkata telah aku mendengar Nu’man bin Basyir berekata Rasulullah bersabda : lihatlah orang-orang mukmin yang berkasih sayang, berempati , dan bersimpati antara mereka seperti satu tubuh yang apabila salah satu anggota tubuh mengeluh sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang saling menanggapinya dengan tidak bisa tidur dan demam.
  1. Takhrij Hadis
Hadis ini dikeluarkan oleh Bukhari dalam kitab al-adab no. 5552 tanpa ada pengulangan. Selain di kitab Bukhari bisa dilihat di beberapa kitab hadis dengan berbagai versi redaksi yang sebagai berikut8 ;
No.
Sumber
Nama Kitab
No. Hadits
1.
مسلم
البر و الصلة و الادب
4685
2.
مسلم
البر و الصلة و الادب
4686
3.
مسلم
البر و الصلة و الادب
4687
4.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17667
5.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17690
6.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17706
7.
أحمد
أول مسند الكوفيين
17760
8.
أحمد
أول مسند الكوفيين
18542
  1. Tahqiq Hadis
Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari ini berkualitas shahih karena bersambung sanadnya dan semua perowinya tsiqqah.


  1. Mufradat
توادهم : mendekati seseorang dari orang yang lain, karena menyukainya (yang didekati).
تراحمهم : menyanyangi orang lain dengan persaudaraan iman.
تعا طفهم : kasih sayang
با لسهر و الحمي : bergadang dan penyakit demam
مثل الجسد : dinisbahkan kepada seluruh anggota tubuh
  1. Asbabul Wurud
Tidak ditemukan.
  1. Ulasan Hadis
Hadis ini menerangkan sisi keilmiahan dari kandungan sunnah, bahwa menganalogikan persatuan umat muslim itu, seperti semua bagian tubuh manusia yang saling terkait satu sama lainnya, jika satu bagian terkena suatu masalah, maka bagian yang lainnya merasakannya atau meresponnya, bahkan menjaga satu sama lainnya apabila satu tubuh terkena penyakit. Seperti, ketika salah satu tubuh terluka atau terinfeksi, maka ada bagian tubuh yang bertugas menjaga atau membasmi bakteri dan benda yang membahayakan, maka salah komponen seperti darah putih siap melenyapkannya.
Bukan hanya misalnya darah putih saja yang menjaga tubuh manusia agar terjaga dari bakteri atau benda asing yang masuk dalam tubuh. Banyak organ tubuh memiliki fungsi menjadi sebagai kekebalan tubuh jantung, liver, kelenjar endokrin, otot, dll. Dan ini merupakan bentuk solidaritas kolektif. Seperti hati langsung memompa dengan cepat demi mempercepat sirkulasi darah dan menghantarkannya pada bagian yang sakit. Seperti ini lah yang diharapkan oleh Nabi persatuan umat muslim menjadi saling bermanfaat dan saling menjaga harga diri, seperti organ tubuh manusia.
  1. Pembuktian Sains

Keluhan terhadap organ tubuh yang merasa sakit merupakan keluhan yang riil. Sebab denyutan-denyutan saraf perangsang langsung bertolak dari tempat sakit, seperti meminta pertolongan pada pusat indra dan control refleks di dalam otak. Denyutan saraf perasa juga akan langsaung bergerak sigap mengirimkan sejumlah zat kimia dan hormon-hormon dari organ yang sakit begitu organ mengalami gangguan yang mengancam jaringan dan sel-sel. Dan begitu ada darah menetes dari organ tersebut, atau jaringan diobrak-abrik, atau ada bakteri yang mengirimkan racun-racun ke jaringan dan sel-sel organ tersebut, maka zat-zat kimia dan hormon-hormon dari tubuh yang sakit akan langsung meluncur ke wilayah sentral di dalam otak otak. Selanjutnya, otak akan langsung meresponnya dengan mengirim intruksi pada organ-organ yang bertugas dan mengendalikan berbagai aktivitas vital tubuh untuk segera memberikan dan menolong bantuan pada organ tubuh yang sakit sesuai dengan tingkat kesakitannya.
Dan saat itu juga, organ-organ pengontrol aktivitas vital tubuh akan langsung merespon dan memanggil satu sama lainnya. Pusat-pusat pengindra memanggil pusat-pusat kewaspadaan dan kontrol di bawah thalamus (di otak). Selanjutnya, pusat-pusat kewaspadaan dan control ini akan langsung memanggil kelenjar lendir untuk mengeluarkan hormon-hormon yang (selanjutnya akan) memangggil kelenjar-kelenjar endokterin untuk mengeluarkan hormon-hormon yang memanggil dan mendorong seluruh tubuh untuk memberikan pertolongan organ yang menegeluh sakit.9
Ada biasanya dianggap sebelas sistem organ utama tubuh manusia. Manusia memiliki berbagai sistem karena kompleksitas spesies organisme. These specific systems are widely studied in Human anatomy . "Human" systems are also present in many animals. Sistem spesifik ini dipelajari secara luas dalam anatomi manusia. “Human” sistem juga ada di banyak hewan. 

'Istilah-Istilah Khusus:' 

KESIMPULAN

Dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan, bahhwa maksud hati yang ada dalam hadits di atas adalah hati sebagai organ tubuh yang apabila hati itu rusak atau tidak sehat maka akan rusak dan tidak sehat seluruh tubuhnya. Tetapi apabila hati itu sehat dan baik maka akan sehat dan baiklah seluruh tubuh. Begitu juga dengan hati yang sebagai organ maknawi, yang konon masih ada hubungan dengan hati fisik.
Selain itu (pembahsan kedua) rupaya ada korelasi yang mneyeluruh antara organ satu dengan lainnya dalam tubuh manusia, sehingga organ satu dengan yang lainnya bisa menopang dengan sebagai kekebalan tubuh atau sebagai penyalur dari organ satu ke organ lainnya.


DAFTAR PUSTAKA

Terdapat di http://forum.dudung.net/index.php?topic=2222.0;wap2. Diakses pada tanggal 19 Februari 2010 pada jam 11:30 WIB.
http://en.wikipedia.org/wiki/Organ_(anatomy), diakses pada tanggal 6 maret 2010 pada jam 10.00 WIB
An-Najjar, Zaghlul. 2006. Pembuktian Sains Dalam Sunah; Buku 1, Jakarta: Amzah.
http://2.bp.blogspot.com/_OuZMIT80s6Y/SZ8lgdPvz_I/AAAAAAAAAXQ/thdK6qHlD1I/s400/hepar_speredi.jpg . diakses pada tanggal 5 Maret 2010 pada jam 11: 59.

Software al Mausuah

1 Software al mausuah.
2 Software al Mausuah.
3 Ibid.
4 Zaghlul An-Najjar, Pembuktian Sains Dalam Sunah; Buku 1, (Jakarta: Amzah, 2006), hlm.62-63.
5 Terdapat di http://forum.dudung.net/index.php?topic=2222.0;wap2. Diakses pada tanggal 19 Februari 2010 pada jam 11:30 WIB.
6 http://2.bp.blogspot.com/_OuZMIT80s6Y/SZ8lgdPvz_I/AAAAAAAAAXQ/thdK6qHlD1I/s400/hepar_speredi.jpg . diakses pada tanggal 5 Maret 2010 pada jam 11: 59 WIB.
7 http://angki.files.wordpress.com/2008/06/hati.jpg. diakses pada tanggal 5 Maret 2010 pada jam 11: 59 WIB.
8 Software al Mausuah.
9 Zaghlul An-Najjar, Pembuktian Sains, hlm. 79
10 http://en.wikipedia.org/wiki/Organ_(anatomy), diakses pada tanggal 6 maret 2010 pada jam 10.00 wib