Tuesday, January 7, 2014

Pilih motor matic Yamaha, Honda, atau Suzuki ?



Bagi yang ingin membeli sebuah sepeda motor baru salah satu yang paling bingung ialah menganai merek yg akan dibeli. Maka dari itu kadang-kadang calon konsumen selalu sibuk mencari sebuah artikel tentang suatu kelebihan & kekurangan sepeda motor tersebut. Pada kali ini saya akan memberikan sebuah masukan bagi anda yang ingin membeli motor matic, apalagi jika anda seorang perempuan yang notabene ingin terlihat sporty namun tetap kalem di jalan raya.

Motor matic diindonesia pada umumnya hanya dikuasai oleh “2” pabrikan besar, Yamaha & Honda(meskipun ada Suzuki yang mencoba peruntungan dari segi scuter ini). Berikut akan saya jelaskan mengenai garis besarnya saja ya, biar bisa dijadikan renungan bagi yang ingin membeli matic baru/second:
baca selengkapnya


1.      Yamaha Mio J Teen.
Yamaha mio tentunya merupakan pelopor sejarah matic pertama kali diindonesia, akan tetapi pada masa produksi awal hingga kemaren(yang masih make karburator loh ya) bisa di katakan boros banget penggunaan bensinnya(hal inilah indikasi motor matic Yamaha sekarang menurun peminatnya karena dikenal boros BBM. Bahkan sampe detik inipun masih ada yg bilang kalo matic Yamaha boros).  Padahal walau sekarang sudah menjadi era Injeksi tentunya sudah menjadi irit BBM si Mio J teen itu. Dengan pilihan warna yang banyak menjadi alternative bagi pembeli khusunya anak SMA yang mayoritas menyukainya. 

2.      Honda Beat Fi
Skuter dari Honda ini terbit setelah Yamaha Mio karbu. Dengan suatu keunggulan disini ialah terkenal irit BBM(bahkan sekarang masih memimpin no 2 kelas skuter di Indonesia). Hal inilah yang membuat konsumen pindah pada scuter ini. Honda beat Injeksi pada masa sekarang diproduksi lebih manis & futuristic bentuknya. Akan tetapi “Konon” mengenai performa lebih bagus seri lama dari pada versi Injeksi masa kini.   

 
3.      Honda Vario 125 Fi
Motor ini hingga beberapa bulan kemarin masih mendominasi titik puncak penjualan motor matic di Indonesia. Suspensi yang nyaman, handling yang smooth,  serta body motor yang besar & tahan dalam berbagai goncangan jalan raya menjadi pilihan paling faforit di kalangan konsumen saat ini. Namun sayang harga yang harus ditebus sekitar  17 juta (OTR Jogja). Sungguh suatu harga yang mahal jika ingin mendapat motor matic ini.(kalau saya pribadi buat apa beli motor matic mahal-mahal sampai 17 juta , kalo uang segitu sudah bisa buat beli motor lain. Bahkan jika saya memilih akan saya ambil supra 125. Kalo matic sih bagi saya paling mentok 15 juta saja. Selebihnya mendingan pilih yang lain.)  

4.      Honda vario (versi lama yang masih produksi)
Satu lagi sang kembaran vario 125 PGMf I yaitu yang berupa vario biasa(kalo gak salah 15 juta). Motor ini masih membawa mesin lama yang hanya diperbaharui dengan list body(mengikuti zaman kayaknya). Maka tak heran karena motor ini berbadan besar namun irit masih banyak para konsumen yang menyukainya(padahal belum Injeksi). Namun review dari saya mengenai motor ini adalah “suara mesin yang sangat berisik walaupun masih baru”. Ya. Menurut saya sendiri sangat menggangu telinga saya jika mendengar suara ini(hehehe masak motor belum ada platnya sudah begitu bunyinya kalo jalan). Perlu diketahui menurut pendapat saya vario sekarang mesinnya sudah bukan seperti versi pertamanya(sekitar tahun 2009 akhir). Jika ada kerabat atau teman yang punya(Vario gen. awal) coba dengarkan bunyinya & bandingkan dengan vario era sekarang(jauh berbeda, bagusan versi dulu daripada sekarang. Jika saya memilih, mending saaya beli bekasnya versi pertama dari pada versi terbaru yang hanya di tempel  list baru saja, sementara kualitas malah lebih buruk).

Mungkin dari beberapa merek diatas merupakan yang menjadi pilihan konsumen terbanyak dalam memilih motor matic. Namun setelah ini saya juga akan mereview juga tentang motor lain yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat sekitar anda(yang kurang begitu populer) motor tersebut adalah:

1.      Mio fino
Saat anda melihat motor ini dijalan pasti yang ada dibenak anda ialah, motor norak, cupu abis, desain jelek, & gak ada yang beli. Pendapat tersebut bisa dibenarkan lantaran kebanyakan konsumen tidak suka dengan desain & bentuk dari si Fino ini (bahkan kata teman saya jika dia mau, dia akan membeli Scoopy dari pada Fino). Jika dilihat sisi penjualan serta selera konsumen , saya menilai malah pas si Fino mulai dipasarkan, para konsumen malah pada memilih scoopy dari pada Fino(walau keduanya menganut matic retro). Malah pada akhir tahun kemarin 2012, Scopy menempati rangking 1 dalam penjualan Scuter retro, sementara yang kedua ialah Yamaha Fino. 


2.      Honda Scoopy
Meski penjualan tidak sebagus beat & Vario, Scopy tetap bisa mendominasi penjualan dari segi matic Honda. Bahkan dalam beberapa bulan kemarin Scoopy telah melakukan perubahan List/Striping yang mencerminkan Scoopy lebih elegan namun Dinamis, tentunya telah mengadopsi PGM Fi andalan Honda.




3.      Honda Spacy
Motor ini pertama kali dikenal lewat Iklan BCL & Ashraf Sinclair melalui iklan promosi Honda dengan pilihan baru, namun tampaknya selera konsumen lebih dominan vario dari pada Spacy lantaran bodynya yang terlalu “gendut” sementara mesin Spacy sudah Injeksi PGM fi. Oiya saya pribadi punya pengalaman tentang Spacy yang saya ketahui. Pertama kali mencoba Spacy kesan pertama saya ialah:



1.      Mesin lumayan halus (urutannya: Vario 125 PGM Fi, Spacy, Scoopy, Beat, Vario Karbu)
2.      Tenaga responsive untuk berlari dari kec.10-40 hanya 3,5 Detik (saat barunya).
Sementara dari segi minusnya ialah:
v  Jok motor cepat panas kalo diduduki lebih dari setengah jam (padahal semua matic Honda jarang yang cepat panas) 
v  Lampu Utama hidup terus alias “Always On”

Yamaha Soul GT.
Soul  GT merupakan pengembangan dari versi Yamaha Soul versi karbunya.  Sejak pertama kali keluar versi pertama Soul memang di desain untuk kaum adam yang ingin keren walau dengan tampilan matic. Disinilah Soul tercipta untuk kaum lelaki, sayangnya dikarenakan masih menganut mesin yang sama dengan Yamaha Mio, mesin Soul terkenal boros BBM hingga selera konsumen menurun(termasuk saya pernah mengendarai sendiri merasa tidak irit BBM). Namun anggapan tersebut untuk Soul GT sudah tidak ada lagi dikarenakan mesin Soul GT sama dengan Mio J Teen Fi maka konsumsi BBm bisa irit.
Soul GT hingga kini masih menganut sistem “Muscle Scooter” yang menggabung kesan sporty, kuat, macho, serta trendy(hingga lampu Soul GT mengadopsi lampu mobil sehingga pencahayaan malam lebih terang& jelas).




    Suzuki Nex.
  Mengenai matic ini merupakan matic teririt di Indonesia(katanya sii sampai masuk rekor muri).
  Menurut penilaian saya pribadi secara keseluruhan walaupun diklaim lebih irit dari pabrikan lain masih banyak kekurangan dari segi desain. Perhatikan jika anda menemukan ini di jalanan:
v  Body matic paling kecil dari semua matic yang berkeliaran di Indonesia(kasihan yang badannya gendut bakal gak bisa naik).
v  Spedomoter standar & terkesan kurang mewah daripada matic pada umumnya.
v  Kunci kontak malah kembali kejaman dulu alias mudah di congkel make kunci “L”  (Honda saja sudah memproduksi lubang kunci magnetic & diikuti Yamaha)

Suzuki Skydrive
   Ini marupakan matic paling boros yang pernah saya naiki, bahkan lebih boros dari pada mio versi lama. Mungkin anda yang belum pernah naik akan kaget, hal ini adalah nyata & fakta, namun masalah kenyamanan saya rasa Skydrive bisa diadu dengan vario 125 PGM Fi karena suspensi  yang mantap & handling yang smooth untuk di berbagai kondisi jalanan (kondisi jalan terjelekpun matic ini masih nyaman dikendarai, makanya iklan promosinya berada di atas gunung terjal berbatu, bukan dijalan raya yang halus).

Pokok pembahasan saya dalam memilih matic secara umum:

1. Jika ingin gaya & Trendy mingkin Mio J Teen bisa dijadikan alternatif anda dalam memilihnya. Terbukti irit & telah menganut tehnologi Injeksi terbaru dari Yamaha(YMjet Fi)
2. Perhatikan siklus keuangan anda jika ingin membeli sebuah motor matic, mengingat mengendarai matic lebih banyak perawatanya dari pada memilih motor gigi atau Kopling. Jika keuangan pas 15 jutaan, maka Mio J teen atau Honda Beat Fi bisa jadi pilihan anda dalam memilih motor matic(keduanya sudah Injeksi & tak diragukan lagi kualitasnya). tapi jika uang sekitar 17 jutaan, mungkin bisa memilih vario 125 yang sangat nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan manapun.
3. Rawatlah sepeda motor anda sebaik mungkin (servis selalu & jangan telat) karena jika matic mengalami keterlambatan servis atau perawatan maka yang terjadi ialah pemakaian BBM yang terasa boros sehingga lama-lama memberatkan pengeluaran anda.