Bagi yang ingin membeli sebuah sepeda
motor baru salah satu yang paling bingung ialah menganai merek yg akan dibeli.
Maka dari itu kadang-kadang calon konsumen selalu sibuk mencari sebuah artikel
tentang suatu kelebihan & kekurangan sepeda motor tersebut. Pada kali ini
saya akan memberikan sebuah masukan bagi anda yang ingin membeli motor matic,
apalagi jika anda seorang perempuan yang notabene ingin terlihat sporty namun
tetap kalem di jalan raya.
Motor matic diindonesia pada umumnya
hanya dikuasai oleh “2” pabrikan besar, Yamaha & Honda(meskipun ada Suzuki
yang mencoba peruntungan dari segi scuter ini). Berikut akan saya jelaskan
mengenai garis besarnya saja ya, biar bisa dijadikan renungan bagi yang ingin
membeli matic baru/second:
baca selengkapnya
baca selengkapnya
Yamaha mio tentunya merupakan pelopor
sejarah matic pertama kali diindonesia, akan tetapi pada masa produksi awal
hingga kemaren(yang masih make karburator loh ya) bisa di katakan boros banget
penggunaan bensinnya(hal inilah indikasi motor matic Yamaha sekarang menurun
peminatnya karena dikenal boros BBM. Bahkan sampe detik inipun masih ada yg
bilang kalo matic Yamaha boros). Padahal
walau sekarang sudah menjadi era Injeksi tentunya sudah menjadi irit BBM si Mio
J teen itu. Dengan pilihan warna yang banyak menjadi alternative bagi pembeli
khusunya anak SMA yang mayoritas menyukainya.
Skuter dari Honda ini terbit setelah
Yamaha Mio karbu. Dengan suatu keunggulan disini ialah terkenal irit BBM(bahkan
sekarang masih memimpin no 2 kelas skuter di Indonesia). Hal inilah yang
membuat konsumen pindah pada scuter ini. Honda beat Injeksi pada masa sekarang
diproduksi lebih manis & futuristic bentuknya. Akan tetapi “Konon” mengenai
performa lebih bagus seri lama dari pada versi Injeksi masa kini.
Motor ini hingga beberapa bulan
kemarin masih mendominasi titik puncak penjualan motor matic di Indonesia.
Suspensi yang nyaman, handling yang smooth,
serta body motor yang besar & tahan dalam berbagai goncangan jalan
raya menjadi pilihan paling faforit di kalangan konsumen saat ini. Namun sayang
harga yang harus ditebus sekitar 17 juta
(OTR Jogja). Sungguh suatu harga yang mahal jika ingin mendapat motor matic
ini.(kalau saya pribadi buat apa beli motor matic mahal-mahal sampai 17 juta ,
kalo uang segitu sudah bisa buat beli motor lain. Bahkan jika saya memilih akan
saya ambil supra 125. Kalo matic sih bagi saya paling mentok 15 juta saja.
Selebihnya mendingan pilih yang lain.)
Satu lagi sang kembaran vario 125
PGMf I yaitu yang berupa vario biasa(kalo gak salah 15 juta). Motor ini masih
membawa mesin lama yang hanya diperbaharui dengan list body(mengikuti zaman
kayaknya). Maka tak heran karena motor ini berbadan besar namun irit masih
banyak para konsumen yang menyukainya(padahal belum Injeksi). Namun review dari
saya mengenai motor ini adalah “suara mesin yang sangat berisik walaupun masih
baru”. Ya. Menurut saya sendiri sangat menggangu telinga saya jika mendengar
suara ini(hehehe masak motor belum ada platnya sudah begitu bunyinya kalo
jalan). Perlu diketahui menurut pendapat saya vario sekarang mesinnya sudah
bukan seperti versi pertamanya(sekitar tahun 2009 akhir). Jika ada kerabat atau
teman yang punya(Vario gen. awal) coba dengarkan bunyinya & bandingkan
dengan vario era sekarang(jauh berbeda, bagusan versi dulu daripada sekarang.
Jika saya memilih, mending saaya beli bekasnya versi pertama dari pada versi
terbaru yang hanya di tempel list baru
saja, sementara kualitas malah lebih buruk).
Mungkin dari beberapa merek diatas
merupakan yang menjadi pilihan konsumen terbanyak dalam memilih motor matic.
Namun setelah ini saya juga akan mereview juga tentang motor lain yang sudah
banyak dipakai oleh masyarakat sekitar anda(yang kurang begitu populer) motor
tersebut adalah:
Saat anda melihat motor ini dijalan
pasti yang ada dibenak anda ialah, motor norak, cupu abis, desain jelek, &
gak ada yang beli. Pendapat tersebut bisa dibenarkan lantaran kebanyakan
konsumen tidak suka dengan desain & bentuk dari si Fino ini (bahkan kata
teman saya jika dia mau, dia akan membeli Scoopy dari pada Fino). Jika dilihat
sisi penjualan serta selera konsumen , saya menilai malah pas si Fino mulai dipasarkan,
para konsumen malah pada memilih scoopy dari pada Fino(walau keduanya menganut
matic retro). Malah pada akhir tahun kemarin 2012, Scopy menempati rangking 1
dalam penjualan Scuter retro, sementara yang kedua ialah Yamaha Fino.
Meski penjualan tidak sebagus beat
& Vario, Scopy tetap bisa mendominasi penjualan dari segi matic Honda.
Bahkan dalam beberapa bulan kemarin Scoopy telah melakukan perubahan
List/Striping yang mencerminkan Scoopy lebih elegan namun Dinamis, tentunya
telah mengadopsi PGM Fi andalan Honda.
Motor ini pertama kali dikenal lewat
Iklan BCL & Ashraf Sinclair melalui iklan promosi Honda dengan pilihan
baru, namun tampaknya selera konsumen lebih dominan vario dari pada Spacy
lantaran bodynya yang terlalu “gendut” sementara mesin Spacy sudah Injeksi PGM
fi. Oiya saya pribadi punya pengalaman tentang Spacy yang saya ketahui. Pertama
kali mencoba Spacy kesan pertama saya ialah:
1. Mesin lumayan halus
(urutannya: Vario 125 PGM Fi, Spacy, Scoopy, Beat, Vario Karbu)
2. Tenaga
responsive untuk berlari dari kec.10-40 hanya 3,5 Detik (saat barunya).
Sementara dari segi minusnya ialah:
v Jok motor cepat
panas kalo diduduki lebih dari setengah jam (padahal semua matic Honda jarang
yang cepat panas)
v Lampu Utama hidup terus alias “Always On”
v Lampu Utama hidup terus alias “Always On”
Soul GT merupakan pengembangan dari versi Yamaha
Soul versi karbunya. Sejak pertama kali
keluar versi pertama Soul memang di desain untuk kaum adam yang ingin keren
walau dengan tampilan matic. Disinilah Soul tercipta untuk kaum lelaki,
sayangnya dikarenakan masih menganut mesin yang sama dengan Yamaha Mio, mesin
Soul terkenal boros BBM hingga selera konsumen menurun(termasuk saya pernah
mengendarai sendiri merasa tidak irit BBM). Namun anggapan tersebut untuk Soul
GT sudah tidak ada lagi dikarenakan mesin Soul GT sama dengan Mio J Teen Fi
maka konsumsi BBm bisa irit.
Soul GT hingga kini masih
menganut sistem “Muscle Scooter” yang menggabung kesan sporty, kuat, macho,
serta trendy(hingga lampu Soul GT mengadopsi lampu mobil sehingga pencahayaan
malam lebih terang& jelas).
Mengenai matic ini merupakan matic teririt
di Indonesia(katanya sii sampai masuk rekor muri).
Menurut penilaian saya pribadi secara keseluruhan walaupun diklaim lebih irit dari pabrikan lain masih banyak kekurangan dari segi desain. Perhatikan jika anda menemukan ini di jalanan:
Menurut penilaian saya pribadi secara keseluruhan walaupun diklaim lebih irit dari pabrikan lain masih banyak kekurangan dari segi desain. Perhatikan jika anda menemukan ini di jalanan:
v Body matic
paling kecil dari semua matic yang berkeliaran di Indonesia(kasihan yang badannya
gendut bakal gak bisa naik).
v Kunci kontak
malah kembali kejaman dulu alias mudah di congkel make kunci “L” (Honda saja sudah memproduksi lubang kunci
magnetic & diikuti Yamaha)
Suzuki Skydrive
Suzuki Skydrive
Ini marupakan matic paling boros yang pernah saya naiki, bahkan lebih
boros dari pada mio versi lama. Mungkin anda yang belum pernah naik akan kaget,
hal ini adalah nyata & fakta, namun masalah kenyamanan saya rasa Skydrive
bisa diadu dengan vario 125 PGM Fi karena suspensi yang mantap & handling yang smooth untuk
di berbagai kondisi jalanan (kondisi jalan terjelekpun matic ini masih nyaman
dikendarai, makanya iklan promosinya berada di atas gunung terjal berbatu, bukan dijalan raya yang
halus).
Pokok pembahasan saya dalam memilih
matic secara umum:
1. Jika ingin gaya & Trendy
mingkin Mio J Teen bisa dijadikan alternatif anda dalam memilihnya. Terbukti
irit & telah menganut tehnologi Injeksi terbaru dari Yamaha(YMjet Fi)
2. Perhatikan siklus keuangan anda
jika ingin membeli sebuah motor matic, mengingat mengendarai matic lebih banyak
perawatanya dari pada memilih motor gigi atau Kopling. Jika keuangan pas 15
jutaan, maka Mio J teen atau Honda Beat Fi bisa jadi pilihan anda dalam memilih
motor matic(keduanya sudah Injeksi & tak diragukan lagi kualitasnya). tapi jika uang sekitar 17 jutaan, mungkin bisa memilih vario 125 yang sangat nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan manapun.
3. Rawatlah
sepeda motor anda sebaik mungkin (servis selalu & jangan telat) karena jika
matic mengalami keterlambatan servis atau perawatan maka yang terjadi ialah
pemakaian BBM yang terasa boros sehingga lama-lama memberatkan pengeluaran
anda.
buat yang lagi mencari penghasilan tambahan, boleh kunjungi situs slot online terpercaya SAMUDRABET ya, banyak Hadiah menarik menanti anda..
ReplyDelete