Saturday, April 9, 2011

kitab Al'lu'lu wal Marjan

الؤلؤ و المرجان

Kitab Lu’lu’ Wal Marjan di tulis oleh Muhammad Fuad Abdul Baqi, lahir di Mesir 3 Jumadal ula 1299H atau 3 maret 1882. Di buat pada tahun +- 1949 M atau 1328 H. Masa kecil beliau di pergunakan untuk menuntut Ilmu, hal ini di tunjukkan dengan bergurunya ia bersama keluarganya ke Sudan selama lima tahun. Kemudian setelah dewasa Fuad abdul baqi mengajar di sekolah-sekolah sekitar kota Kaherah. Setelah itu, fuad Abdul baqi pula menjadi tenaga penterjemah bahasa arab dari bahasa Prancis di kota yang sama, yaitu Kaherah.
Setelah giat mengajar, akhirnya Fuad memutuskan untuk mengundurkan diri lalu memusatkan dirinya di bidang penulisan kitab-kitab maupun indeks-indeks. Diantaranya:
  • Kitab “Miftah Kunuz al-Sunnah” yang telah diterjemahkan dari Bahasa Inggeris ke dalam Bahasa Arab adalah satu sumbangan beliau di samping usahanya untuk mempelajari bahasa tersebut,
  • Kitab “Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Quran”,
  • Kitab “al-Lu’lu’ wa al-Marjan Fi Ma Ittafaqa ‘ala Syaikhan” Yaitu himpunan hadis yang disepakati oleh Imam al-Bukhari dan Muslim, setebal 3 jilid,
  • Kitab “Mu’jam Gharib al-Quran” dan
  • Indeks untuk kitab “Muwatta’ Imam Malik”,
  • Indeks untuk kitab “Sunan Ibn Majah” dan
  • Indeks untuk kitab “Sahih Muslim” di samping sedikit uraian-uraian yang terkait.
Kitab lu’lu’ wal marjan berisi kumpulan hadist-hadist shohih dari Bukhari & Muslim yang terdiri dari tiga juz, 54 Kitab, dan 1906 buah Hadist. Berikut isi dari kitab Lu’Lu wal Marjan:
Juz pertama berisi tentang Kitab: Iman, Thaharah, Haidh(Datang bulan),Sholat, Masjid, & ketentuan Sholat, Sholat para Musafir & qosornya, Jum’at, Sholat 2 hari Raya, Sholat Istisqa, Sholat Khusuf, Janaiz & zakat.
Juz Kedua berisi tentang: Puasa, I’tikaf, Haji, Nikah, Menyusui, Talak, Li’an, Pembebasan Budak(al-‘atik), Jual beli, Musaqaf(Persewaan Tanah), Faraidh(Warisan), Al-habbath, Wasiat, Nazar, Al-aiman(Sumpah), Taqsim , Al-Hudud(Hukum atas kejahatan), Al-‘aqdiyyah, Al-luqthah(Barang Temuan di Jalan), Jihad, Al-Imarah(Pemerintahan) & Penyembelihan Hewan Qurban.
Juz Ketiga berisi tentang: Al-Udhiyyah(Berkorban), Al-asrabah(Minuman), Pakaian & Perhiasan, Adab(Tata Tertib), As-salam, Tuntunan penggunaan kata-kata sopan, Sya’ir(Sajak), Mimpi, Al-fadhail, adab sopan santun & silahturahmi, Qadar, (Ilmu- Zikir-Doa-Taubat & Istigfar), Taubat, Sifat-sifat munafik, Syurga & kenikmatannya, Tanda-tanda Kiamat, Zuhud & Tawaddu’ & Tafsir.
Kitab ini diterjemahkan oleh H.Salim Bahreisy yang terdiri dari 2 Buku. Dan buku ini tersedia dalam dua jilid, akan tetapi secara fisik terdapat 3 juz dalam buku tersebut.
   

3 comments:

  1. assalamu'alaikum
    maturnuwun artikelnya
    o geh kalo bs hadits ttg ketentuan hisab di juz brp?
    nuwun
    wassalam

    ReplyDelete
  2. kitab rujukan yang harus dimiliki oleh seorang muslim........

    ReplyDelete