Thursday, May 19, 2011

Agama Kristen Katolik

Prolog

Agama Kristen merupakan salah satu agama terbesar di dunia, yang mana agama Kristen ini beranggotakan lebih dari 800 juta umat manusia di muka bumi hingga masa kini.
Dalam sejarahnya yang telah berusia kurang lebih 2000 tahun lalu itu agama Kristen telah mengalami perkembangan dalam bentuk yang mengagumkan, ini bisa dilihat melalui suasana pada upacara Misa Agung dalam gereja Santo Petrus di Roma, hingga pada kecanggihan intelektual dan pengakuan dari orang-orang negro di Gerogia yang berucap seperti ini: “Tuhan, aku ingin menjadi pengikut Kristus” dari gereja Santa Paulus yang berada di London.
Namun,perlu di mengerti bahwasanya agama Kristen itu pada mulanya adalah satu, akan tetapi dengan adanya beberapa perbedaan, maka terdirilah menjadi dua, yaitu agama protestan & agama katolik.

Pokok pembahasan

Agama katolik ini mempunyai asal mu-asal pula. Yang mana berasal dari bahasa Yunani. Yang berarti καθολικός (katholikos). Yang artinya “Universal”. Dalam pengertian Kristen pula agama katolik mempunyai sejarah terendiri. Yang mana dalam istilah “gereja katolik” adalah berada dalam lingkungan uskup Roma, serta 22 gereja katolik timur. Bagi umat protestan, sebutan “gereja katolik” sering di sebut sebagai “gereja Amm” yang mana mengandung sebuah kepercayaan tentang Yesus kristus di seluruh dunia tanpa memandang dominasi.
Umat dari gereja Ortodoks timur, gereja Anglikan, dan gereja Lutheran, dan beberapa gereja metodis percaya bahwasanya gereja-gereja mereka adalah katolik, yang mana menurut mereka hal ini merupakan sebuah kesinambungan para rasul-rasul Tuhan. Baik itu gereja katolik maupun gereja Ortodoks merupakan suatu kepercayaan mereka bahwasanya gereja tersebut merupakan gereja yang asli atau universal dalam “kekristenan katolik”.
Selain hal itu pula para uskup di anggap sebagai gembala-gembala ke-Esaan dalam persekutuannya dalam hal gereja. Selain itu katolik merupakan salah satu dari empat ciri dari gereja. Ketiganya yaitu : Satu, Kudus, dan Apostolik.

Ajaran gereja katolik.
Gereja Katolik Roma pada umumnya menganut aliran pemikiran Amilenial, yang dikemukakan oleh Augustinus dari Hippo dalam karyanya "Kota Allah". Augustinus mengklaim sebuah penggenapan nubuat yang tidak harafiah. Umat Katolik dapat pula merujuk kepada Injil Matius 24:36; di sini Kristus mengatakan:
"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."
Sementara sebagian yang percaya akan penafsiran harafiah terhadap Alkitab menegaskan bahwa ramalan tentang tanggal-tanggal atau waktu itu sia-sia, dan sebagian penulis lainnya percaya bahwa Yesus meramalkan tanda-tanda yang akan menunjukkan bahwa “akhir zaman” sudah dekat. Sebagian dari tanda-tanda ini adalah gempa bumi, bencana alam, masalah-masalah di masyarakat, 'peperangan dan kabar burung tentang perang', dan bencana-bencana lain. Namun tentang kapan persisnya semua itu akan terjadi, ia akan datang “seperti pencuri di malam hari”.
Menurut Katekismus Gereja Katolik, iman Katolik mengenai "akhir zaman" dibahas dalam Pengakuan Iman.

Sejarah singkat gereja katolik Roma.

Awalnya, jemaat Kristen berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah, yaitu Yerusalem, Antiokia, Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah sebagai "yang pertama", permasalahan dengan doktrin dan prosedur banyak mengambil Roma sebagai masukan pendapat. Kursi Roma merupakan kursi dari suksesor Santo Petrus yang mendapat julukan "Pangeran Para Rasul" sebagai tanda persatuan Gereja
Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut:
Seluruh grup di atas kecuali Protestan masih menyebut persekutuan mereka sebagai Katolik. Dewasa ini, semakin banyak Gereja-Gereja Timur yang kembali ke dalam persekutuan penuh dengan Roma, namun dengan tetap mempertahankan tata cara beribadah mereka. Kelompok ini dikenal dengan sebutan Gereja Katolik ritus Timur.
Doktrin ajaran agama katolik

Ketuhanan

Ada tiga ajaran yang fundamental dalam agama Kristen Khatolik yaitu : inkarnasi, penebusan, dan trinitas. Ajaran inkarnasi yaitu percaya, bahwa dalam tubuh Kristus itu Tuhyan memakai tubuh manusia, kepercayaan ini menyatakan, bahwa Kristus adalah manusia-Tuhan, yang sekaligus merupakan Tuhan yang seutuhnya. Berarti setengah manusia dan setengah Tuhan atau dalam beberapa hal ia bersifat manusiawi.1

Pandangan umat Islam tentang perjanjian lama

Secara umum telah diketahui bahwa Islam mengakui keberadaan kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi sebelum kehadiran Nabi Muhammad saw. Secara di antara kitab-kitab tersebut, adalah 3 kitab besar, yaitu Taurat, Zabur dan Injil (Misalnya dalam surat al Baqarah ayat 41 :


Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

dan Surat Ali Imran ayat 184 :


Jika mereka mendustakan kamu, maka sesungguhnya rasul-rasul sebelum kamupun telah didustakan (pula), mereka membawa mu'jizat-mu'jizat yang nyata, Zabur dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna. ).

Dalam hal ini, ada hubungan khusus antara taurat & zabur, yang mana isi kedua kitab tersebut menyangkut perjanjian lama, namun jika di telusuri lebih lanjut, umat kristiani tidak terlalu percaya dengan adanya dua kitab tersebut beserta isi perjanjian lamanya, di karenakan telah ada kitab-kitab terdahulu sebelum itu, diantaranya kitab kejadian, kitab keluaran, kitab imamat, kitab bilangan, serta kitab ulangan.
C. PENUTUP
Demikian beberapa ajaran-ajaran kristen Katolik, perbedaan antara ajaran Islam kalau ajaran Islam ada ajaran akidah, syariah, dan akhlak, maka katolik menekankan dalam aspek ketuhanannya ialah Trinitas dan ajarannya adalah kasih sayang.


Daftar Pustaka
Huton Smith, Agama-Agama Manusia,Yayasan Obor Indonesia : Jakarta, 2004
1 Huton Smith, Agama-Agama Manusia (Yayasan Obor Indonesia : Jakarta, 2004), hlm384